Salah satu kendala yang seringkali dialami oleh para pelaku bisnis adalah modal. Nah modal ini merupakan salah satu hal yang sangat penting agar suatu usaha dapat berjalan sesuai rencana. Kondisi demikian membuat banyak pebisnis startup di Indonesia berupaya menarik investor untuk mendapatkan pendanaan modal demi bisnisnya dapat berkembang.

Bicara mengenai modal, di Indonesia ini sendiri sudah banyak bisnis startup yang mendapatkan suntikan dana dari beberapa perusahaan venture capital. Perusahaan pendanaan modal apa saja yang terbiasa mendanai bisnsi startup? Untuk itu, berikut merupakan 15 list venture capital terbaik di dunia dan Indonesia.

List Venture Capital Terbaik

1.     Skystar Capital

Skystar Capital merupakan perusahaan modal venture local yang terbilang masih baru di Indonesia. meski usianya masih muda, perusahaan ini menjadi satu-satunya perusahaan venture capital dan bisnis incubator pertama yang resmi terdaftar menjadi anggota Asosisasi Akselerator terbesar di Indonesia.

2.     CyberAgent Venture

CyberAgent Venture merupakan perusahaan modal yang berasal dari Jepang dan berinvestasi di Indonesia. Perusahaan ini memiliki kantor di Jakarta. Meski demikian, perusahaan ini juga merupakan VC yang ikut berpartisipasi pada bisnis startup seperti Tokopedia dan berbagai perusahaan lainnya. Besaran nilai investasi yang diberikan biasanya mulai dari Rp. 1,6 miliar hingga Rp. 142 miliar rupiah.

3.     Ideosource

Ideosource merupakan perusahaan venture capital yang didirikan oleh Andi S Boediman dan Edward Ismawan Chamdani. Namun, perusahaan ini lebih focus mendanai pada sector media dan e-commerce. Adapun perusahaan yang pernah menerima pendanaan dari Ideosource adalah Female Daily Network, TouchTen, Saqina, Kark dan berbagai perusahaan lainnya.

4.     Emtek Group

Perusahaan Emtek Group memiliki nama asli perusahaan PT. Elang Mahkota Teknologi. Perusahaan ini menjadi induk dari beberapa stasiun TV nasional seperti SCTV, O Channel dan Indosiar.

Selain perusahaan media, Emtek Group juga memberikan pendanaan ke beberapa bisnis startup seperti Bobobobo, Kudo dan Bukalapak. Jika dilihat dari portofolio Emtek Group, perusahaan ini termasuk sebagai perusahaan modal local yang sangat aktif berinvestasi di bisnis startup Indonesia.

5.     Gree Venture

Gree venture termasuk salah satu perusahaan venture capital yang baru memasuki pasar Indonesia. perusahaan ini merupakan perusahaan asal Jepang yang dimotori oleh Yusuke Amano, Naoki Aoyagi dan Tatsuo Tsutsumi. Meski demikian mereka sudah banyak menanamkan modal ke berbagai startup di Indonesia seperti bukalapak, berrybenka dan Urbanindo.

Tidak hanya menanamkan modal saja, perusahaan ini juga membuka layanan mereka di Indonesia seperti perusahaan kosmetik asal singapura hingga perusahaan situs pembanding harga.

6.     Rebright Partners

Rebright Partners merupakan salah satu perusahaan venture capital yang focus terhadap perusahaan startup internet dan mobile di enak negara besar di Asia Tenggara, termasuk negara Indonesia. Investor besar dalam venture capital ini adalah Takeshi Ebihara. Beliau tidak bisa diremehkan begitu saja, beliay pernah bekerja di Batavia Incubator, GMO Venture Partners dan Fortune Institute sebelum akhirnya membuat perusahaan venture capital sendiri.

7.     Convergence

Convergence merupakan salah satu perusahaan venture capital yang menjadi bagian dari perusahaan Bakrie Group. Perusahaan ini biasanya mempersiapkan dana sebesar Rp. 333 miliar untuk menginvestasikannya pada pebisnsi startip di Indonesia.

8.     IMJ Investment Partners

IMJ merupakan perusahaan modal venture yang tidak hanya menawarkan produk bantuan investasi saja melainkan juga menyediakan jasa pengembangan produk, akses internet dan relasi pengembangan bisnis antar para pebisnis startup.

Jika dilihat dari portofolionya, perusahaan ini sudah melakukan investasi di beberapa perusahaan di Indonesia seperti urbanindo, iMoney, bukalapak dan masih banyak lagi. Adapun dana yang biasa dikeluarkan perusahaan ini antara lain sekitar Rp. 1,7 miliar hingga Rp. 23 miliar rupiah.

9.     East Venture

East venture merupakan salah satu perusahaan pendanaan besar di Indonesia. East Venture didirikan oleh Batara Eto, Chandra Tjan dan Willson Cuaca. Perusahaan ini seringkali menanamkan modal mereka ke berbagai jenis usaha startup seperti Tokopedia, Berrybenka, Traveloka dan berbagai perusahaan startup lainnya.

10. Monk’s Hill Ventures

Perusahaan satu ini mengkhususkan dirinya menjadi perusahaan modal venture pada bisnis startup tahap seri A. Perusahaan ini masuk ke Indonesia sebagai pendatang baru, sehingga belum banyak yang bisa diketahui oleh bisnis startup mana saja yang sudah menerima suntikan dana dari perusahaan ini.

11. Mountain SEA Ventures

Perusahaan satu ini merupakan perusahaan venture capital yang berasal dari Swiss. Namun kini perusahaan ini sudah hadir di Indonesia. Mountain SEA Ventures siap mendanai berbagai bisnis startup di Indonesia

12. SB-ISAT

SB-ISAT merupakan perusahaan venture capital yang didirikan oleh dua perusahaan telekomunikasi besar yakni SoftBank dan Indosat. Perusahaan ini siap mengucurkan dana pada berbagai bisnsi startup di Indonesia.

13. Alpha JWC Ventures

Alpha JWC Ventures merupakaan perusahaan modal ventura di Asia Tenggara yang didirikan pada tahun 2015 oleh Gounding Partners Jefrey Joe, Chandra Tjian dan Willson Ongkowijaya. Ada banyak perusahaan yang sudah mendapatkan dana dari perusahaan ini seperti Bobobox, Kopi Kenangan, Kredivo dan berbagai perusahaan startup lainnya.

14. 500 Durian

Perusahaan 500 durian merupajan perusahaan startup yang focus di kawasan Asia Tenggara. Perusahaan ini memiliki lebih dari 150 perusahaan pada awal tahun 2020. Perusahaan ini sudah melakukan investasi penting dalam beberapa tahun terakhir.

15. SGInnovate

SGInnovate merupakan perusahaan modal venture yang mampu mengatasi masalah global yang menantang. Perusahaan ini didirikan tahun 2016 oleh steve Leonard. Perusahaan ini sudah memiliki portofolio lebih dari 80 perusahaan.

By taufiq