Pengertian Hoist Crane Beserta Cara Kerjanya

 

Di dalam bahasa inggris hoist adalah katrol. Lewat arti kata barusan Anda bisa menyimpulkan sendiri bawah hoist merupakan alat bantu yang berperan sebagai pemindah atau pengangkat sebuah benda. Hoist crane merupakan jenis crane yang dapat digunakan di luar dan dalam ruangan. Jenis crane ini bisa dipakai untuk mengangkat beban dalam posisi horizontal. Harga hoist crane 1 ton cukup bervariasi, biasanya ada di angka 11 jutaan.

Cara Kerja Hoist Crane

Hoist dan juga crane merupakan satu kesatuan dan tidak bisa dipisahkan. Namun perlu diketahui bersama, hoist sendiri terbagi menjadi dua sistem kerja yakni elektrik hoist dan manual hoist. Sistem kerja pada manual hoist dapat dioperasikan tanpa memakai listrik serta prinsip kerja yang diterapkan adalah memakai proses kerja mekanik, menggunakan katrol. Sementara sistem kerja untuk elektrik hoist dilakukan dengan memakai tenaga listrik.

Tidak hanya itu, untuk proses kerja mekanik di sistem hoist terbagi menjadi dua, yakni memakai chain hoist atau rantai dan memakai wire rope hoist atau kawat sling. Kedua proses tersebut hanya membutuhkan perawatan satu sampai dua kali setahun. Perawatan yang harus dilakukan yakni dengan melakukan pengecekan, merawat bagian penting dan vital, seperti kondisi dari sling, rantai dan kemampuan dalam mengangkat beban.

Jenis-Jenis Hoist Crane

Hoist sendiri merupakan salah satu teknologi yang berperan untuk bisa memindahkan atau mengangkat beban berat dari satu tempat ke tempat lain. Sumber kekuatan dari hoist tercipta dari perubahan energi hidrolik, mekanik, pneumatik dan elektrik.

Maka dari itu, dibawah ini akan dituliskan berbagai jenis hoist sesuai sistem pengoperasian serta mekanisme gerak yang harus Anda ketahui sebagai tambahan informasi mengenai hoist crane.

1.       Electric Hoist

Pada jenis hoist satu ini memakai wire rope atau chain yang dipasang pada bagian drum dan dilengkapi oleh rope guide atau chain guide. Dibagian drum tersebut akan dihubungkan dengan gearbox serta electric motor dan membuatnya dapat berputar untuk menaikkan dan menurunkan barang.

2.       Pneumatic Hoist

Selanjutnya adalah pneumatic hoist yang memakai tekanan udara untuk membantunya mengangkat sebuah beban. Jenis hoist satu ini dioperasikan lewat pendant control yang bisa menaikkan dan menurunkan benda.

3.       Manual

Untuk jenis hoist satu ini mirip seperti sebuah katrol dan mengubah arah gaya membuat kerja yang dijalankan lebih mudah.

4.       Hydraulic

Terakhir adalah jenis hoist yang memakai mekanisme piston dan bekerja sesuai hukum pascal. Dimana hukum pascal itu berupa sebuah tekanan yang diberikan kepada zat cair pada ruang tertutup lalu diteruskan ke berbagai arah. Cek disini! Untuk detailnya.