Perbedaan Susu Bubuk Dibanding Susu UHT Dari Proses Hingga Nutrisi

Anak cenderung menyukai mengkonsumsi susu. Pada saat dilahirkan didunia ini, pertama kali makanan yang masuk dan dikonsumsi anak adalah susu dalam bentuk ASI ataupun susu formula. Susu memiliki tekstur yang mudah diserap tubuh anak dan juga mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh anak selama tumbuh dan berkembang. Susu sendiri memiliki beragam bentuk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan konsumsi anak. Baik dalam bentuk bubuk maupun UHT. Namun banyak yang jual Nutrilon Royal maupun susu bubuk instan lain di gerai terdekat anda.

Susu bubuk dan susu UHT adalah dua jenis susu yang sering dikonsumsi. Kedua jenis susu ini memiliki banyak manfaat kebaikan untuk tubuh. Namun, kedua jenis susu ini berbeda dari segi target konsumen maupun sejumlah nutrisi yang dikandungnya. Bahkan proses pengemasannya pun berbeda. Sebab itu, bila diperhatikan yang jual Nutrilon Royal dan susu bubuk lainnya cenderung supermarket sedangkan UHT lebih mudah didapatkan di toko dekat rumah.

Berikut ini merupakan beberapa perbedaan susu bubuk dan UHT dari beberapa aspek. Dimana hal ini akan mempermudah anda dalam menemukan gerai yang jual Nutrilon Royal maupun susu UHT.

PROSES PRODUKSI

Proses produksi untuk susu UHT dan susu bubuk berbeda. Susu UHT sendiri terbuat dari susu sapi segar dengan tambahan komponen lainnya. Susu jenis ini tidak jarang menambahkan pemanis dalam produknya. Proses produksi susu ini sendiri adalah memanaskan susu pada suhu 140oC selama 4 detik untuk mematikan bakteri. Selanjutnya produk dikemas dan siap dikonsumsi.

Berbeda dengan susu UHT, susu bubuk melalui proses yang cukup panjang. Susu akan berbentuk bubuk akibat proses penguapan komponen air pada suhu tinggi sehingga susu akan berbentuk bubuk. Karena memiliki partikel yang kecil, susu dikemas dalam kemasan kedap udara dan tidak terpapar matahari langsung agar tidak rusak.

TARGET KONSUMEN

Baik susu UHT maupun susu bubuk memiliki pangsa pasar yang berbeda tipis. Susu bubuk cenderung bisa dikonsumsi segala usia baik bayi hingga orang dewasa. Pemberian susu bubuk sendiri disesuaikan dengan klaim usia. Hal ini dikarenakan susu bubuk bisa disesuaikan kebutuhan nutrisinya dengan keperluan usia target konsumen. Maka tidak heran jenis susu bubuk sering ada saat belanja perlengkapan bayi.

Susu UHT disarankan dikonsumsi oleh anak diatas usia 1 tahun. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi susu UHT cenderung kurang lengkap dibandingkan susu bubuk. Sebab, susu UHT mengandung susu sapi segar sehingga kandungan nutrisinya kebanyakan hanya bawaan susu sapi tersebut.

KANDUNGAN NUTRISI

Dalam memilih susu untuk anak tentunya, kandungan nutrisi menjadi poin penting. Susu formula bubuk lebih kaya nutrisi dibandingkan susu UHT. Sebab, susu bubuk diformulasikan sesuai dengan kebutuhan nutrisi anak dan melalui proses penambahan nutrisi. Sehingga lebih bernutrisi dibanding UHT.