Catatan MUI Apakah Bitcoin Haram atau Tidak

Apakah DeFi, Bitcoin dan berbagai mata uang crypto haram atau tidak menjadi salah satu hal yang selalu dipertanyakan oleh seseorang. Mengikuti perkembangan zaman terkait dengan dunia investasi menjadi salah satu hal yang sangat ramai diperbincangkan saat ini. dengan adanya kepopuleran dari jenis investasi ini, membuat MUI menjadi memberikan suatu perhatian terhadap kehalalan dari kegiatan ini

1. Pengertian Bitcoin

Bitcoin merupakan salah satu bentuk dari hasil perkembangan teknologi digital berupa alat transaksi. Alat ini bisa menjadi sebuah media berinvestasi tanpa adanya campur tangan dari bank sentral dan juga pemerintah. Penggunaan bitcoin sepenuhnya dilakukan oleh mekanisme pasar dengan menyesuaikan target pasar.

2. Cara Kerja Bitcoin

Mata uang bitcoin menjadi salah satu bentuk alat digital yang telah tersebar di dalam jaringan yang bernama peer to peer. Keberadaan jaringan ini mampu membuat sebuah buku transaksi yang bernamakan Blockchain. Hadirnya buku besar ini bisa diakses oleh seluruh public dengan seluruh bagian isinya berupa hasil transaksi yang telah dilakukan sebelumnya.

3. Perkembangan Bitcoin

Penyebaran Bitcoin dimulai di dalam tahun 2009 yang telah diperkenalkan dengan seorang Satoshi Nakamoto. Ia memperkenalkan bitcoin sebagai mata uang digital dengan basis cryptography. Penggunaan yang lainnya bisa digunakan untuk menunjang kehidupan seseorang dalam persoalan jual beli mata uang digital.

4. Pengertian Menurut Ulama

Beberapa diantara ulama Indonesia mengatakan bahwa mata uang bitcoin merupakan bentuk dari alat tukar. Hal ini mempunyai kesamaan dengan mata uang biasanya, yakni bisa diterima oleh seluruh masyarakat umum serta mempunyai standar nilai dan alat penyimpan.

Akan tetapi, tidak semua menyetujui akan hal tersebut, terdapat beberapa ulama lain yang menentang adanya pendapat tersebut. Hal ini dikarenakan masih adanya beberapa negara yang menolak kehadiran mata uang bitcoin.

Di dalam hadis Buhuts fi al-Iqtisad al-Islami, 1996 halaman 178 dijelaskan bahwa uang merupakan salah satu media pertukaran yang bisa diterima secara umum. Bagaimana bentuk serta kondisi seperti apapun mata uang bisa digunakan untuk melakukan sebuah transaksi.

5. Pendapat Ulama Apakah Bitcoin Haram?

Berdasarkan segala pengertian yang telah dijelaskan sebelumnya, ulama memberikan putusan bahwa kehadiran mata uang bitcoin ini mempunyai hukum yang boleh digunakan. Akan tetapi terdapat beberapa syarat yang harus terpenuhi, yakni sebagai serah terima (taqabudh) serta mempunyai nilai kuantitas dengan jenis yang sama.

6. Isu dari Mata Uang Bitcoin

Sebagian ulama mengatakan bahwa tujuan dari adanya kegiatan investasi merupakan salah satu hal yang mendekatkan kepada gharar. Dalam artian kegiatan tersebut mempunyai sisi buruk untuk merugikan orang lain. hal tersebut dikarenakan tidak adanya aset lain yang bisa mendukung kegiatan tersebut. Selain itu, harga yang dimiliki juga tidak bisa dikontrol secara pribadi.

7. Hasil Keputusan Apakah Bitcoin Haram atau Halal?

Sesuai dengan kesepakatan, bahwa keberadaan mata uang bitcoin mempunyai hukum mubah. Sebagai mata uang, tentunya mempunyai fasilitas untuk bisa digunakan serta diakui keberadaannya.

Akan tetapi, jika mata uang bitcoin digunakan sebagai alat investasi, maka mata uang tersebut berubah menjadi haram. Sebab, investasi merupakan alat permainan untung rugi yang dilakukan oleh pebisnis yang mampu memberikan keuntungan sepihak.

Itulah penjelasan singkat dari catatan MUI terkait dengan apakah bitcoin haram atau halal. Setelah mengetahui beberapa catatan MUI tersebut, setidaknya Anda bisa dengan bijak untuk melakukan kegiatan ini. mengikuti hukum yang berlaku di dalam agama menjadi pedoman penting yang harus selalu diperhatikan bagi seorang muslim.

Download Coinomo di Play Store, dan download Coinomo di App Store untuk mendapatkan berbagai informasi seputar dunia crypto.