6 Tsunami Besar Yang Pernah Terjadi di Indonesia

 

     

Negara Indonesia berada pada pertemuan antara tiga lempeng besar bumi, hal itulah yang menyebabkan negara Indonesia rawan terjadinya gempa bumi. Jika gempa tersebut terjadi di laut, maka gempa tersebut akan menimbulkan potensi terjadinya tsunami.

Sudah banyak tsunami besar di Indonesia hingga salah satunya dijadikan film, yaitu pada tsunami Aceh. Ingin tahu tsunami besar apa saja yang pernah terjadi di Indonesia? Berikut merupakan 6 tsunami besar yang pernah menimpa Indonesia.

1. Pada tahun 2012

Pada 11 April 2012, terjadi sebuah gempa bermagnitudo 8,6. Gempa ini menimbulkan tsunami karena terjadi di pesisir pantai, tepatnya pada pesisir barat pantai di Sumatera Utara.

Tsunami ini tidak hanya menimpa Indonesia, namun juga menimpa 8 negara lainnya. Ketinggian maksimal gelombang pada tsunami ini mencapai 55 meter.

2. Pada tahun 2010

Gempa yang terjadi pada tahun 2010 di Sumatera bermagnitudo sebesar 7,8. Kejadian ini terjadi tepatnya pada tanggal 25 November 2010.

Gempa ini pun menyebabkan tsunami dengan ketinggian gelombang mencapai 40 meter. Tsunami ini juga menimpa 6 negara salah satunya adalah negara Indonesia.

3. Pada tahun 2007

12 September 2007 menjadi saksi dari dahsyatnya gempa yang terjadi di Sumatera dengan magnitudo sebesar 8,4. Gempa ini menyebabkan terjadinya tsunami yang sangat besar.

Saking besarnya, tsunami ini mengakibatkan kerusakan di 10 negara yang salah satunya adalah negara Indonesia. Namun ketinggian gelombang pada tsunami ini tidak diketahui, yang pasti sangatlah tinggi karena dapat menyebabkan kerusakan bagi 10 negara.

4. Pada Tahun 1996

Berbeda dengan 3 poin sebelumnya, tsunami ini terjadi di Papua. Gempa bumi berskala magnitudo sebesar 8,2 pada tanggal 17 Februari 1996 ini yang menjadi penyebab dari terjadinya tsunami. Yang dahsyat dari tsunami ini adalah jangkauannya yang mencapai Jepang, Taiwan, bahkan hingga Amerika Serikat dan Kanada.

Ketinggian gelombang pada tsunami ini tidak diketahui. Meskipun begitu, tsunami ini pastilah memiliki gelombang yang sangat tinggi karena membuat 110 orang kehilangan nyawanya.

5. Pada tahun 2004

Siapa yang tidak tahu film Hafalan Shalat Delisa? Film ini dibuat berdasarkan tsunami yang terjadi di Aceh pada 26 Desember 2004 ini. Dalam 20 tahun terakhir, wilayah aceh sudah mengalami tsunami sebanyak dua kali.

Tsunami ini menjadi salah satu tsunami terdahsyat di dunia dengan ketinggian 48 dan kerusakan bagi 47 negara. Tsunami ini juga menjadi salah satu tsunami dengan korban terbanyak yaitu 227.899 orang meninggal dunia.

6. Pada tahun 2006

Jika poin sebelumnya diisi oleh pulau Sumatera dan Papua, list nomor 6 ini datang dari pulau Jawa. Gempa berskala magnitudo 7,7 pada 17 Juli 2006 ini menjadi latar belakang terjadinya tsunami.

Gelombang tsunami ini mencapai ketinggian 48 meter yang menjangkau beberapa negara lain selain Indonesia salah satunya adalah Australia. Tsunami ini memakan korban jiwa hingga 802 orang.

Itulah 6 tsunami terbesar yang pernah terjadi di negara Indonesia. Untuk berjaga-jaga, kamu jangan sampai ketinggalan berita karena bisa saja daerah yang kamu tempati memiliki potensi terjadinya gempa hingga tsunami.

Untuk mendapatkan berita terbaru, kamu dapat menonton acara berita di INewsTV. Kamu juga dapat menggunakan aplikasi RCTIplus jika lebih menyukai android, disana juga kamu dapat melakukan streaming berbagai stasiun Televisi.