Tutorial Cara Menghilangkan Karat Mobil

Cara menghilangkan karat mobil dengan aman dan mudah adalah pertanyaan yang sering ditanyakan banyak orang ketika mereka menyadari bahwa mobil mereka memiliki bintik-bintik karat. Karat mobil adalah masalah yang sangat umum dan dapat disebabkan oleh berbagai hal. Penting untuk mengetahui secara pasti penyebab munculnya noda karat pada mobil Anda sehingga Anda dapat mengatasi masalah tersebut secara efektif. Artikel ini akan membahas secara singkat cara menghilangkan karat mobil dengan aman dan juga apa penyebabnya. Anda juga akan membahas apa yang dapat membantu mencegah hal itu terjadi.

Cara menghilangkan karat mobil

Tempat umum untuk mencari karat pada mobil Anda termasuk kap mesin, spatbor depan, permukaan interior dan terutama interior bagasi. Salah satu langkah pertama untuk menghilangkan karat adalah dengan mencari tanda-tanda korosi. Karat cenderung menimbulkan korosi pada segala jenis permukaan, bahkan logam. Jika Anda menemukan noda karat pada permukaan logam Anda, Anda perlu menyelidiki lebih dalam untuk menemukan tanda-tanda korosi atau kerusakan. Tanda-tanda korosi termasuk cat menggelegak, goresan dan kadang-kadang bahkan retak. Jika Anda melihat tanda-tanda korosi pada permukaan logam Anda, Anda harus segera mengambil tindakan dan memulai proses cara menghilangkan karat mobil.

Sebelum kita melangkah lebih jauh tentang cara menghilangkan karat, kita perlu melihat terlebih dahulu apa yang sebenarnya menyebabkan karat. Biasanya karat terjadi ketika ada semacam kerusakan pada logam. Logam selalu terkena udara dan air, yang keduanya memiliki efek merusak di atasnya. Setelah logam terkena salah satu dari dua elemen ini, jamur karat biasanya akan tumbuh. Setelah jamur mulai tumbuh, jamur akan terus menyebar selama masih ada kelembapan di area yang terkena. Jika Anda belum tahu, kelembapan sangat penting untuk pembentukan karat.

Menggunakan Grinder

Salah satu cara yang bisa Anda gunakan adalah dengan menggunakan grinder. Untuk menghilangkan karat dari penggiling, Anda mungkin ingin menggunakan wol baja atau amplas. Logam apa pun yang dapat dihilangkan dengan metode ini harus. Sebelum menggunakan penggiling, Anda harus memastikan bahwa logam yang akan digiling dibersihkan. Sikat kawat dapat digunakan untuk membantu menghilangkan kotoran yang membandel dari permukaan.

Metode lain untuk menghilangkan karat melibatkan penggunaan penghapus gemuk otomotif atau listrik. Ini adalah cara yang aman dan mudah untuk memperbaiki permukaan logam yang rusak atau berkarat tanpa menodainya secara permanen. Saat menggunakan penghapus jenis ini, Anda perlu mengoleskan lapisan bahan perbaikan yang sangat tipis ke area yang terkena. Saat Anda mengoleskan produk ke permukaan logam sedikit, reaksi kimia akan terjadi dan penghilang karat akan terlepas.

Reaksi kimia akan membersihkan karat dan membuat perbaikan logam Anda tampak baru. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan metode ini untuk memperbaiki karat pada mobil, ingatlah untuk menyimpan semua kuitansi produk agar Anda dapat mengembalikannya jika perlu. Jika Anda mencari untuk membeli kit perbaikan otomotif yang berisi konverter karat atau produk lainnya, Anda harus mengetahui bahan produk. Banyak merek kit ini mengandung asam klorida; asam yang benar-benar dapat membakar kulit Anda jika diterapkan dengan cara yang tidak tepat. Anda mungkin ingin berbicara dengan seseorang di toko perlengkapan mobil setempat atau membaca literatur apa pun tentang merek yang ingin Anda beli.

Jika Anda memutuskan untuk mengambil rute ini, Anda harus berhati-hati saat mengerjakan mobil. Sebelum menyentuh kendaraan, pastikan permukaan yang sedang dikerjakan benar-benar kering. Setiap jenis kelembaban yang ada akan menyebabkan kerusakan pada cat atau bahkan pembentukan karat pada logam. Setelah Anda yakin bahwa permukaannya kering, Anda harus menerapkan konverter karat atau pengencer cat. Pastikan untuk mengikuti petunjuk yang disertakan dengan produk untuk memastikan aplikasi yang tepat.

Setelah menerapkan semua konverter karat atau pengencer cat, sekarang saatnya untuk melanjutkan ke langkah berikutnya dalam tutorial cara menghilangkan karat mobil: dari rustpro. Dengan peralatan ini Anda akan dapat dengan tepat menggiling di setiap area karat yang Anda temukan. Attachment ini tidak direkomendasikan untuk pekerjaan pengecatan yang ekstensif, tetapi jika Anda ingin menjaga mobil Anda terlihat murni dari satu mobil ke mobil berikutnya, ini mungkin pilihan yang bagus.