Dalam industri percetakan, kertas art paper termasuk salah satu jenis yang juga sering digunakan baik untuk mencetak isi dokumen atau digunakan sebagai cover. Ciri khas dari kertas ini adalah pori-porinya yang sangat rapat. Selain itu, terdapat beberapa keunggulan art paper lainnya yang perlu Anda ketahui.

Keunggulan Art Paper

Art paper sangat cocok digunakan untuk mencetak dokumen seperti majalah, brosur, katalog, leaflet, dan lain sebagainya. Karakteristik utama yang dimiliki jenis kertas ini adalah permukaannya halus, licin, dan berdaya serap rendah. Penyedia cetak buku biasanya juga menyediakan kertas art paper.

1. Hasil Cetakan Lebih Cerah

Karena pori-pori yang dimiliki kertas ini sangat rapat, penggunaan art paper sangat cocok jika dipadupadankan dengan tinta pigment art paper China. Dengan perpaduan ini, maka permukaan kertas jadi lebih merata karena hasilnya lebih maksimal, cerah, dan tegas.

Selain itu, warna dasar dari kertas ini juga dapat mempengaruhi tingkat kecerahan hasil cetak karena tinta untuk cetak offset biasanya lebih transparan sehingga dapat mengikuti warna kertas.

2. Memberikan Kesan Lux Pada Cetakan

Stiker yang permukaannya terlihat mengkilap hampir memiliki sifat yang sama dengan art paper. Apalagi jika ditambah dengan laminasi glossy, maka permukaan jenis kertas ini pun menjadi tampak lebih mewah. Sangat cocok digunakan untuk mencetak poster, brosur, katalog, dan lainnya.

3. Lebih Tahan Lama

Kertas jenis art paper termasuk ke dalam kategori coated paper atau kertas yang juga dilapisi dengan unsur lain. Dengan adanya lapisan tambahan tersebut, maka kertas jadi tidak mudah sobek ataupun rusak bahkan meskipun sudah ditumpahi dengan cairan sekalipun.

Sehingga bisa dibilang kualitas kertas art paper ini cukup awet dan tidak akan mudah rusak atau rapuh meskipun disimpan dalam waktu lama. Selain itu, art paper juga bisa tahan terhadap terpaan sinar matahari karena mengandung air dan minyak dengan komposisi 50%.

Dengan mengetahui keunggulan art paper tersebut, maka Anda bisa mempertimbangkan jenis kertas ini untuk digunakan mencetak dokumen sesuai dengan kebutuhan.