Mengenali Penyebab Anak Tidak Mau Makan dan Cara Mengatasinya

Ketika berbincang tentang pertumbuhan anak, Anda akan menemukan pembahasan tentang penyebab anak tidak mau makan. Ya, hal ini dikarenakan masalah anak yang susah makan menjadi salah satu hal yang cukup sering terjadi. Kondisi ini bisa muncul karena sebab yang normal hingga kondisi yang cenderung parah.

Sebagai orang tua, tentu saja Anda harus mengatasi masalah ini dengan tepat. Tidak dimungkiri bahwa jika anak tetap tidak mau makan, maka ia akan mengalami masalah pada kesehatan. Pun demikian pula dengan pertumbuhan mereka yang nantinya akan cenderung terhambat.

Pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa hal yang menyebabkan anak cenderung susah makan serta cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Apa saja? Simak ulasannya!

Penyebab Umum Anak Tidak Mau Makan

Terkait penyebab anak tidak mau makan, ada beberapa hal yang secara umum menyebabkan anak enggan mengonsumsi makanan yang Anda sediakan. Adapun beberapa penyebab yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Masalah psikis

Bukan hanya orang dewasa saja, anak juga bisa mengalami masalah psikis. Kematian hewan peliharaan kesayangan ataupun kehilangan mainan yang ia sukai menjadi sebab kenapa masalah psikis ini bisa terjadi.

Efek dari masalah ini cukup beragam. Tidak hanya anak yang merasa sedih, namun bisa saja ia akan enggan makan untuk sementara waktu.

  • Anemia

Anemia atau kekurangan sel darah merah juga bisa menyebabkan anak enggan makan. Oleh karenanya, jika Anda menemukan anak yang tidak mau makan dan dibarengi dengan kondisi yang lemah, lemas, letih ataupun lesu, maka Anda harus lebih waspada.

Tentu, anemia tidak boleh disepelekan. Penanganan yang tidak tepat dan cenderung terlambat nantinya akan memberikan efek gangguan kesehatan yang lebih serius.

  • Konstipasi

Konstipasi atau kesulitan buang air besar juga menjadi sebab kenapa anak enggan makan. Kondisi semacam ini akan membuat perut terasa penuh dan cenderung tidak nyaman untuk mengonsumsi makanan tambahan.

Oleh karenanya, jika anak mengalami konstipasi, maka Anda sebaiknya mengobati kondisi tersebut terlebih dahulu. Bisa jadi, setelah masalah pencernaan tadi selesai diatasi, anak akan cenderung lebih mudah makan.

Beberapa hal di atas adalah sebab umum kenapa anak enggan makan. Tentu, selain hal di atas, masih ada beragam sebab lainnya, seperti cacingan, depresi atau lainnya.

Cara Mengatasi Anak yang Susah Makan

Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi anak yang cenderung susah makan?

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini. Adapun beberapa cara yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Membuat suasana makan yang cenderung lebih menyenangkan
  • Melibatkan anak untuk membuat makanan yang ia inginkan
  • Cobalah membiasakan makan bersama keluarga
  • Membatasi pemberian camilan
  • Mengatur waktu makan yang lebih teratur

Demikian beberapa ulasan tentang penyebab anak tidak mau makan dan juga cara mengatasi yang bisa Anda terapkan. Semoga membantu.

By Maitsa