Hp Terendam air? Panik dong, ya iyalah panik, masak nggak! Tidak perlu panik lho kalo kamu tahu cara pertolongan pertamanya.

Seperti kecelakaan pada manusia, hp terendam air merupakan kecelakaan yang bisa dibilang lethal jika tidak cepat melakukan langkah-langkah penyelamatan agar cellphone kamu bisa hidup lagi. Telat dikit pasti hp kamu tinggal kenangan.

Dilansir dari Brilio, air merupakan musuh dari komponen yang ada di dalam hp. Tapi jika memang terjadi sebelum membawanya ke tempat issuer, sebaiknya lakukan dulu pertolongan pertama pada hp terendam air agar tidak terjadi konsleting.

11 Pertolongan pertama hp terendam air

Ada 11 langkah awal yang dapat kamu lakukan untuk menyelamatkan hp kamu jika terendam air :

1.Langsung Angkat HP dari Dalam Air

Air dan kompenen hp merupakan musuh besar, sehingga ketika hp terendam air, maka kamu harus langung mengangkatnya dari air. Karena air bisa masuk melalui celah sempit lubang jack earphone atau charger.

Hal ini untuk menghindari kemungkinan semakin banyak air yang berhasil merembes masuk ke dalam ponsel. Jika ponselmu terkena tumpahan air, segera jauhkan dari sumber air tersebut. Dan jika terkena air dalam keadaan sedang di-charge, sebaiknya lepaskan terlebih dahulu baru ambil ponsel untuk menghindari risiko kamu kesetrum.

Baca juga:https://kontenstore.com/teknologi/8-bahaya-vpn-gratis-dan-vpn-aman/

2.Jangan Langsung Menyalakan HP

Ketika panik karena hp terendam air, maka jangan pernah menyalakan hp untuk mencaritahu kondisi hp masih berfungsi atau rusak. Kenyataannya ketika hp terendam air, maka kemungkinan besar air masuk kedalam beberapa bagian ponsel.

Akibatnya jika langsung dinyalakan akan mengalami konsleting yang menyebabkan hp rusak menjadi lebih parah. Jika hp kamu dalam keadaan hidup maka langkah yang paling tepat adalah langsung mematikan.

3..Jangan digoyangkan hp

Ketika kamu panik saat hp terendam biasanya kamu akan mengibaskan hp yang terendam air berulang-ulang, tujuannya agar air di dalam hp bisa keluar. Sayangnya langkah salah dan tidak boleh dilakukan karena bisa memperburuk keadaan.

Ketika kamu mengibaskan hp terendam air, bisa jadi kamu malah membuat air yang ada didalam ponsel semakin menyebar. Jika tidak digerakan maka air tidak akan bergerak ke bagian komponen yang lain.

4.Lepaskan semua perangkat

Langkah selanjutnya kamu bisa membongkar hp kamu, dengan melepaskan bagian-bagian SIM Card, reminiscence card, dan baterai jika hp kamu tidak termasuk version baterai tanam. Hal ini tentunya bertujuan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada location-region tersebut.

Jika kamu menggunakan cover atau casing ponsel, maka sebaiknya juga dibuka agar dapat membantu air keluar dan memudahkan proses pengeringan.

5.Amankan liquid crystal display dan baterai.

Selain kartu SIM, reminiscence card maka yang perlu diamankan adalah liquid crystal display dan baterai hp. Hal ini merupakan bagian komponen hp yang sangat rentan dengan air. Tetapi jika hp dengan baterai tanam, maka sebaiknya jangan dibuka karena akan menambah keparahan hp yang terendam air.

6.Lakukan pengeringan dengan tisu

Pertolongan selanjutnya adalah dengan melakukan pengeringan. Setelah di lepas semua, maka hp terendam air bisa kamu keringkan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan tisu untuk mengangkat sisa air di dalam.

Lakukan hal tersebut dengan hati-hati agar tidak merusak komponen yang lain. Kertas tisu yang memiliki sifat menyedot air dapat kamu gunakan untuk mengusap komponen yang basah.

7.Gunakan vacuum cleaner.

Jika kamu memiliki vacum purifier, maka kamu bisa menggunakan alat ini untuk menyedot sisa-sisa air yang ada di dalam hp. Kehati-hatian merupakan proses yang sangat penting dalam tahap pengeringan.

Baca juga :https://kontenstore.com/

8.Kubur HP ke Dalam Beras

Meski cara ini masih kontroversi yaitu dengan memasukan hp teredam air kedalam beras kering. Cara unik ini ada yang bilang cukup ampuh karena sifat beras yang menyerap kelembaban sehingga membantu penyerapan air.

Caranya kamu cukup mengambil beras kering dan bersih dalam sebuah plastik. Kemudian kamu bisa mengubur bagian ponsel seperti baterai, sim card, memori serta bagian bodi kedalam kantong beras tersebut.

Setelah itu, kamu ikat tutup rapat dan diamkan selama 2-three hari kemudian kamu bisa mengecek ponsel kamu apakah sudah bisa digunakan. Tapi mereka yang kontra mengatakan debu beras juga merusak komponen hp.

9.Gunakan Silika Gel untuk Menyerap Kelembapan

Jika kamu ragu menggunakan beras untuk mengatasi hp terendam air, maka kamu bisa membeli silika gel. Silika gel digunakan untuk menyerap kelembaban pada perangkat elektronik sehingga mencegah pengembunan.

Caranya hampir sama dengan mengunakan beras. Kamu cukup mengubur bagian-bagian hp kedalam tumpukan silika gel. Kemudian kamu diamkan dalam beberapa hari hingga kelembaban air sudah terserap semua.

10.Perhatikan waktu pengeringan.

Waktu pengeringan hp teremdam air memang cukup lama. Pasalnya hp bukan saja sekedar terbebas dari air. Tetapi hp juga harus kering, dimana tidak ada kelembaban didalam ponsel. Biasanya waktu 2-three hari dengan memasukan kedalam plastik  kedap udara bersama tumpukan silika gel mampu menyerap kelembaban air yang ada didalam ponsel.

11.Pasang komponen HP.

Setelah  2-three hari maka hp telah kering dan terbebas dari air. Maka kamu bisa memasang kembali bagian-bagian hp yang sebelumnya kamu bongkar. Setelah itu nyalakan hp. Jika berhasil nyala, maka lakukan backup statistics penting untuk mengantisipasi jika hp kamu mati kembali.

By Melt