Di zaman sekarang ini apapun bisa dibeli secara kredit atau cicilan, termasuk diantaranya adalah hunian atau rumah yang harganya mahal. Bukan lagi sebuah mimpi bagi Anda untuk tinggal di rumah sendiri meskipun harga hunian sangat mahal, karena dapat membelinya secara kredit lewat KPR. Apalagi makin banyak juga diantara bank atau lembaga keuangan yang menawarkan pembiayaan untuk pembelian rumah, Anda bahkan diberikan fasilitas untuk mengecek simulasi KPR tersebut terlebih dahulu sehingga lebih mudah dalam membanding-bandingkan tawaran harganya.

Ketika Anda membeli rumah dengan menggunakan KPR maka nantinya cukup membayar uang muka atau DP saja, selanjutnya Anda tinggal mengangsur cicilan sesuai dengan jumlah yang sudah disepakati tentunya berdasarkan dari tenor yang sudah Anda pilih juga. Namun juga harus berhati-hati dalam memilih lembaga pembiayaannya, mengingat memang tidak semuanya terpercaya. Ada cukup banyak diantara lembaga pembiayaan tersebut yang bermasalah, memberikan bunga dalam jumlah yang besar dan sejenisnya sehingga sangat merugikan.

Untuk itulah maka penting bagi Anda untuk mengecek atau mengetahui simulasi KPR mereka terlebih dahulu, serta dibanding-bandingkan antara satu bank penerbit dengan yang lainnya. Ada banyak manfaat yang dapat dirasakan dengan mengecek simulasi untuk KPR tersebut terlebih dahulu, diantaranya adalah:

  1. Mengetahui berbagai biaya tambah dalam kredit tersebut, manfaat pertama yang nantinya akan Anda rasakan adalah bisa mengetahui jenis-jenis biaya tambah yang nantinya akan dibebankan kepada Anda ketika memutuskan untuk mengambil kredit tersebut. dimana memang dalam pembelian rumah secara kredit tak sekedar beban bunga saja yang harus dibayarkan, melainkan juga ada biaya lain seperti biaya tahunan, asuransi, administrasi dan sebagainya.

  1. Mempermudah dalam menentukan tenor atau jangka waktu pelunasan, lewat simulasi atau kalkulator KPR ini, maka ada beberapa perhitungan yang diberikan, misalnya ketika ingin ambil KPR dengan tenor mulai dari 1 tahun sampai dengan 7 tahun, berbeda pilihan tenor maka akan berbeda pula nilai cicilan yang dibebankan, jadi bisa membantu mempermudah Anda menemukan tenor yang paling sesuai.

  1. Bisa membanding-bandingkan KPR dari satu bank dan bank yang lainnya, mungkin banyak diantara Anda yang masih bingung ingin memilih produk KPR dari bank yang mana, apalagi hampir semua bank yang ada di Indonesia menawarkan produk tersebut. Maka dengan adanya kalkulator untuk simulasi ini nantinya Anda bisa mengecek dan banding-bandingkan terlebih dahulu manakah diantaranya yang paling rendah, apalagi terkadang meskipun suku bunga dari satu bank rendah, tidak dengan tambahan biaya yang lainnya, disini nantinya semua akan jelas manakah yang paling rendah dan tepat untuk dipilih.

  1. Mengetahui jumlah pasti nilai cicilan yang harus dibayarkan, dengan adanya fasilitas yang satu ini ternyata juga sangat berguna untuk mengetahui berapa kira-kira jumlah pasti nilai cicilan yang memang harus dibayarkan, sesuai dengan pemilihan tenor pinjaman tersebut. apakah memang jumlah tersebut sesuai dengan kemampuan keuangan Anda ataukah tidak. Hal ini juga penting diperhatikan sehingga tak sampai mengalami tahap gagal bayar karena ternyata nilai cicilan melebihi kemampuan.

Ambil KPR dari bank BCA banyak untungnya, karena memang bunganya ringan serta prosesnya juga cepat. Anda juga dapat dengan mudah mengecek simulasi KPR tersebut terlebih dahulu sebelum nantinya memutuskan menyetujuinya. Kemudahan dalam hal pembayaran cicilan juga ditawarkan karena bisa dilakukan berbasis online, jadi tak perlu repot-repot ke kantornya.