“Hanya seorang jenius yang bisa menulis lirik untuk lagu seperti ini!” Anda mungkin sering mendengar orang mengatakan ini. Meskipun ini seharusnya menjadi pujian bagi penulis, manusia normal tidak perlu berpikir bahwa menulis lirik di luar kemampuan mereka. Memang benar bahwa beberapa orang memiliki bakat bawaan yang membantu mereka menciptakan karya yang luar biasa, siapa pun yang memiliki mata jeli dan tahu bahasa dapat menulis lirik sebuah lagu.

Biasanya, Anda menulis lirik lagu setelah musiknya siap. Jadi, Anda sudah memiliki gambaran tentang struktur lagu tersebut. Setelah Anda mengetahui jumlah bait dan chorus, Anda hanya perlu memikirkan sebuah kisah untuk diceritakan. Tapi, memiliki ide saja tidak cukup. Beberapa ide hebat telah menguap di tengah-tengah antara otak penulis dan penanya. Karena itu, penting untuk membuatnya di atas kertas.

Jika Anda tidak bisa mendapatkan ide di atas kertas, berhentilah memaksakan diri untuk menulis lirik sebuah lagu dan mulailah menulis tentang hal-hal acak. Tulis seolah-olah Anda sedang menulis buku harian pribadi Anda. Sebuah pemikiran penting mungkin muncul entah dari mana dan membawa Anda ke lagu yang indah.

Anda harus terlebih dahulu memutuskan tentang apa yang harus dikatakan dan kemudian bagaimana mengatakannya. Ide Anda bisa berupa apa saja yang sederhana dan abstrak seperti cinta atau tuhan. Tetapi cara Anda menyajikannya membuat banyak perbedaan. Jika Anda sedang menggambarkan suatu peristiwa, Anda dapat mengikuti kesatuan klasik teater dan menulis lirik lagu yang menggambarkan setiap detik dari realitas atau miniatur realitas dengan menggambarkan seumur hidup dalam lagu 3 menit. Pilihan ini, bagaimanapun, didasarkan pada maksud dari lagu tersebut.

Menambahkan hook download lagu membuat lagu lebih tahan lama. Meskipun nomor pop memiliki banyak hook dan pengulangan, tidak disarankan untuk memiliki terlalu banyak pengulangan karena ada risiko membosankan pendengar bahkan sebelum dia mulai menyukainya. Jadi, ketika Anda menulis lirik sebuah lagu, gunakan hook dan chorus secara ekonomis untuk menciptakan efek yang maksimal. Juga, chorus adalah aftertaste yang bisa dirasakan dan disenankan pendengar setelah mendengarkan lagu. Tetap relatif sederhana karena harus terstruktur dengan baik.

Sebagian besar musisi dan pemimpin band yang sukses bekerja dan berkolaborasi dengan bisnis yang menawarkan layanan penulisan lagu profesional. Bekerja dengan seorang ahli dalam genre musik Anda atau menyewa seorang musisi untuk menulis lirik untuk lagu Anda berikutnya adalah investasi yang layak dan layak.