Merawat luka bekas operasi perlu memperhatikan banyak hal sehingga bisa menjaganya agar tidak mengalami infeksi. Perawatan tersebut dapat dilakukan dengan mudah ketika masih menerima perawatan di rumah sakit karena semuanya sudah diatur dan diperhatikan oleh petugas kesehatan. Akan tetapi bagi luka operasi yang masih belum bisa membuka perban dan sudah bisa pulang ke rumah, pastikan juga untuk melakukan perawatan luka dengan benar dan tepat di rumah. Adapun tiga hal yang perlu diperhatikan untuk bisa merawat luka operasi dengan tepat di rumah adalah:

1. Perban yang perlu rutin diganti

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk merawat luka bekas operasi di rumah adalah dengan memperhatikan kapan harus mengganti perban. Apabila di rumah sakit, hal tersebut akan dilakukan oleh perawat dengan mudah. Tetapi ketika sudah di rumah juga perlu untuk memperhatikan hal tersebut, sehingga bisa menghindari luka yang mengalami infeksi atau masalah lainnya karena perban yang tidak diganti. Sehingga pastikan untuk mengganti perban luka jahitan operasi secara rutin ketika melakukan perawatan sendiri di rumah.

2. Pastikan luka operasi terjaga kebersihannya

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan untuk merawat luka bekas operasi di rumah adalah dengan memastikan luka operasi tersebut harus terjaga kebersihannya. Pastikan untuk menjaga daerah sekitar luka operasi tetap higienis. Hal tersebut tentunya perlu dilakukan agar bisa menghindari resiko luka bekas operasi yang dapat mengalami infeksi karena kebersihan yang tidak terjaga dengan baik. Oleh karena itulah pastikan selalu untuk membersihkan area di sekitar luka operasi. Selain itu juga pastikan untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum dan setelah mengobati dan mengganti perban luka operasi. Pastikan juga agar luka operasi tidak terkena air atau basah karena bisa membuat daerah lukanya menjadi infeksi karena lembab. Sehingga lindungi luka agar tidak basah ketika mandi maupun setelah membersihkan daerah luka tersebut.

3. Perhatikan apabila ada tanda-tanda infeksi

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah dengan memperhatikan luka operasi tersebut secara rutin dan intensif. Perhatikan luka tersebut dari hari ke hari, terutama saat mengganti perban. Seperti apakah ada tanda-tanda infeksi yang bisa terjadi sehingga dapat mencegah mengalami infeksi yang lebih parah. Apabila ada hal yang aneh pada luka seperti tanda infeksi ataupun mengalami rasa sakit dan tidak nyaman, maka sebaiknya periksa ke rumah sakit atau klinik untuk menjaga luka bertambah parah.

Merawat luka operasi di rumah tersebut juga perlu untuk mencegah berbagai hal yang bisa membuatnya mengalami hal yang tidak menyenangkan. Seperti jahitan yang terbuka, mengalami infeksi, dan juga hal lainnya yang membuat luka bekas operasi menjadi lebih susah dan lama sembuh. Berbagai langkah pencegahan yang dapat dilakukan untuk merawat luka operasi di rumah adalah:

  • Pertama jangan angkat beban berat lebih dari 2 kg selama beberapa minggu tergantung dari operasi yang dilakukan.
  • Jangan biarkan luka operasi terpapar dengan sinar matahari karena bisa membuat luka terbakar.
  • Hindari kegiatan yang bisa menyebabkan luka mengalami infeksi seperti berkebun.

Untuk merawat luka bekas operasi dengan benar dan mencegah infeksi juga bisa menggunakan jasa perawat yang datang ke rumah dari Aido. Layanan tersebut bisa dimanfaatkan untuk perawatan luka pasca operasi dengan langkah pemesanan yang mudah dan dilakukan oleh perawatan profesional dari rumah dan klinik ternama. Sehingga perawatan luka yang diterima tentunya dilakukan profesional untuk menjaga luka bekas operasi agar tidak mengalami infeksi.