Sebuah perkumpulan, komunitas atau organisasi sangat penting bagi para pengusaha. Tujuannya tentu untuk saling berbagi informasi dan mendukung kinerja perusahaan anggota. Hal ini juga berlaku bagi para pengusaha fintech OJK yang juga membutuhkan informasi terkini mengenai dunia financial technology tersebut.

Organisasi resmi perusahaan fintech adalah Asosiasi Fintech Indonesia, yang berdiri tahun 2016. Organisasi yang disingkat menjadi AFTECH ini resmi ditunjuk oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai Asosiasi Penyelenggara Inovasi Keuangan Digital (IKD) berdasarkan POJK No. 13/2018.

Keunggulan Bergabung Dengan AFTECH Indonesia Bagi Fintech OJK

Selain visi dan misi yang mendukung perkembangan perusahaan fintech di Indonesia, terdapat banyak keuntungan bergabung dengan organisasi ini. Diantaranya adalah:

  • Mendapat bantuan advokasi dan kolaborasi dengan para pemangku kepentingan di Indonesia. Tujuannya agar inovasi dan daya saing perusahaan fintech dapat berembang lebih bai.
  • Edukasi dan pengembangan keahlian bagi para anggotanya.
  • Memperluas jaringan perusahaan dengan sesama pengusaha fintech, para pejabat terkait, lembaga keuangan, dll. Saat ini AFTECH telah beranggotaan 335 perusahaan fintech, serta bermitra dengan 8 lembaga keuangan dan 7 mitra teknologi.

Ada lebih banyak lagi keuntungan bergabung dengan organisasi ini. Anda dapat mencari tahu tentang visi, misi, daftar anggota, dll melalui website resmi AFTECH. Atau dengan mengunduh file asosiasi fintech Indonesia pdf dari situs resmi tersebut.

Selain itu, semua kegiatan, seminar dan pelatihan serta promosi bagi perusahaan fintech OJK yang menjadi anggotanya juga dapat diakses di situs yang sama, yaitu di  www.fintech.id.

Bagaimana, menarik sekali bukan ulasan mengenai organisasi fintech yang ternyata sudah tergabung banyak perusahaan fintech yang ada di Indonesia.

Harus Anda garis bawahi, bahwa organisasi ini dibentuk untuk mengawal OJK dalam bekerja. Sehingga wajib bagi perusahaan fintech yang ada di Indonesia untuk tergabung ke dalam organisasi. Sebab tergabung dalam organisasi AFTECH termasuk dalam syarat yang harus dipatuhi dalam POJK (peraturan otoritas jasa keuangan).

Semoga ulasannya bermanfaat yah dan menambah ilmu untuk Anda yang sedang mencari informasi mengenai dunia financial technology khususnya di Indonesia!