3 Contoh “Cover Letter” yang Menonjol

Cover letter merupakan surat lamaran kerja, cover letter dibutuhkan sebagai surat pengantar ketika mengirimkan email serta CV ke perusahaan yang dilamar. Umumnya di dalam surat lamaran kerja di lampirkan CV dan dokumen lainnya yang diperlukan, surat lamaran kerja seperti undangan untuk membuka CV yang sudah dikirim. Fungsi cover letter selain sebagai surat lamaran kerja juga bisa dipakai untuk beragam tujuan, cover letter juga dapat dipakai menunjukkan diri pelamar yang sebenarnya. Kualifikasi yang dimiliki, dan kontribusi yang bisa diberikan pada perusahaan.

 

Mari kita lihat contoh surat lamaran atau contoh cover letter dengan Bahasa Inggris yang baik dan benar:

Dear Mr. Bean

I’m writing to you to apply for the position of Quality Analysis in a Pharmaceutical Company as advertised on LinkedIn. I believe that I have a strong potential to do the job desk of that position.

During my time in the university, I have done some researches about the development of the sample preparation method for the analysis of drugs and other chemical compounds. Besides, I also joined the National Chemistry Olympiad and won third place. Even though I am a fresh graduate, but I have joined some organizations in the university. So, I can adapt to the working environment.

I have included my resume within my application so that you can check my educational background and ability. Thank you for your time and consideration. I hope I can hear from you soon.

Sincerely,

 

Wesy

 

Terjemahan:

Tuan Bean yang terhormat

Saya menulis kepada Anda untuk melamar posisi Analisis Kualitas di Perusahaan Farmasi seperti yang diiklankan di LinkedIn. Saya percaya bahwa saya memiliki potensi yang kuat untuk melakukan pekerjaan di posisi itu.

Selama saya di universitas, saya telah melakukan beberapa penelitian tentang pengembangan metode preparasi sampel untuk analisis obat dan senyawa kimia lainnya. Selain itu saya juga mengikuti Olimpiade Kimia Nasional dan menjadi juara ketiga. Meskipun saya baru lulus, tetapi saya telah bergabung dengan beberapa organisasi di universitas. Jadi, saya bisa beradaptasi dengan lingkungan kerja.

Saya telah memasukkan resume saya dalam lamaran saya sehingga Anda dapat memeriksa latar belakang dan kemampuan pendidikan saya. Terima kasih atas waktu dan pertimbanganmu. Saya harap saya dapat segera mendengar kabar dari Anda.

Hormat kami,

 

Wesy

 

Pentingnya Menulis Surat Lamaran Kerja dalam Bahasa Inggris

Di era globalisasi bahasa Inggris jadi syarat dasar bagi pelamar, dengan mengirim surat lamaran kerja berbahasa Inggris pastinya pelamar punya keunggulan. Keunggulan itu diantaranya:

  1. Membuktikan Ahli Bahasa

Mengirimkan surat lamaran Bahasa Inggris berarti pelamar telah membuktikan kemampuan Bahasa Inggrisnya, pastikan ketika membuat cover letter harus sesuai dengan pengalaman dan pelamar harus mengerti setiap kata yang ditulis. Hal ini jadi nilai plus di bidang keterampilan bahasa, dan juga kreativitas.

  1. Unggul dari Kandidat Lainnya

Ketika pelamar mendaftar pekerjaan, masih banyak pelamar memakai surat lamaran kerja dalam bahasa Indonesia. Kalau pelamar memakai surat lamaran kerja berbahasa Inggris, hal ini merupakan poin plus bagi pelamar karena beda dengan kandidat lainnya.

Format surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris, harus disesuaikan dengan beragam kondisi dan juga pekerjaan yang dilamar. Biasanya surat lamaran bahasa Inggris panjangnya tidak lebih dari 1 lembar A4, sehingga mempermudah rekruter membacanya.

Demikian tentang cover letter dalam bahasa Inggris, semoga bisa menjadi panduan bagi Anda yang membacanya.

By taufiq