Tidak ada yang salah dengan membuka usaha ternak bebek. Semua pribadi ingin menjadi produktif dan bisnis ini bisa menjadi salah satu pilihan solusi. Meskipun begitu, berbisnis ternak bebek tidak bisa langsung tanpa perencanaan dan tahapan yang matang. Agar tidak salah langkah, ikuti tahapan berikut jika ingin membuka usaha beternak bebek:

1. Analisa Modal Secara Teliti

Modal awal merupakan sebuah pondasi penting dalam usaha ternak bebek. Dalam membuka usaha beternak bebek, modal yang dibutuhkan tidak bisa dibilang sedikit. Harga yang harus masuk dalam hitungan anggaran adalah harga bibit bebek, harga pembuatan kandang, pembelian pakan, dan juga vitamin.

2. Siapkan Tempat Untuk Berternak

Tempat yang dibutuhkan untuk beternak juga harus masuk hitungan. Siapkan tanah yang dirasa memiliki ukuran yang cukup untuk berternak. Bangun juga beberapa kandang yang cukup untuk merawat ternak bebek dalam jumlah banyak. Jangan lupa bangun kandang yang dilengkapi tempat makan, minum, dan juga sirkulasi.

3. Pilih Bibit Bebek yang Sehat

Setelah selesai menganalisa modal dan menentukan tempat ternak, kini saatnya untuk memilih bibit bebek. Umumnya, bibit bebek bisa dibeli dari pasar atau dari peternakan bebek langsung. Pilih bibit yang berkualitas baik dan sehat. Tanda bebek yang sehat adalah bebek yang lincah, berwarna mengkilap, dan mencapai berat sehat yaitu 38-40 gram.

Info Lainnya : 7 Ide Usaha Ternak Modal 300 Ribu

4. Merawat dan Membesarkan Bebek dengan Baik

Tahapan sesudah mendapatkan bibit yang diinginkan adalah merawat bibit bebek dengan baik. Bebek bebek tersebut harus rajin diberi makan yang bernutrisi. Bebek bebek juga harus diperhatikan kesehatan dan kebersihannya. Itu semua demi membesarkan bebek agar bisa menjadi bebek yang gemuk dan menghasilkan telur yang bagus.

5. Jual Hasil Usaha

Membesarkan bebek untuk dijual tidak terlalu menghabiskan banyak waktu. Bebek pedaging hanya membutuhkan waktu selama 40 hari untuk siap dijual. Sementara itu, bebek petelur sedikit lebih lama, yaitu sekitar 5-7 bulan. Biasanya bebek bisa dijual cepat karena tingginya permintaan, peternak bisa menjual bebek ke restoran atau ke pasar secara langsung.

Begitulah sedikit gambaran tahapan dalam usaha ternak bebek. Apabila sudah memiliki gambaran seperti ini, menyusun rencana usaha bisa lebih teliti dan bijak. Satu hal yang tidak boleh tertinggal dalam membuka usaha, tetaplah konsisten dan rajin agar usaha dapat terus berkembang baik.

Temukan artikel lainnya di blog https://www.bangizaltoy.com

By Melt