Pertumbuhan jumlah pengguna smartphone dan internet yang semakin hari semakin meningkat maka dapat dipastikan pertumbuhan aplikasi yang ada di dalamnya juga semakin meningkat. Tidak dapat dipungkiri YouTube saat ini memang telah menjadi sumber hiburan yang menarik, yang dapat menginspirasi, memotivasi, meningkatkan bisnis, dan lebih-lebih mengedukasi.

Youtube dan Perkembangannya

Konten pada youtube yang menarik bisa dengan mudah di dapatkan dari YouTube secara bebas dan tanpa batas. Menurut info yang didapatkan pada semua sosial media yang digunakan, pengguna yang paling aktif dan yang paling dominan adalah YouTube. Banyaknya pengguna media youtube menjadikan youtube menyajikan konten yang semakin beragam dan semakin berkembang.

Youtube dibuat menjadi situs web yang dapat memungkinkan pelanggan untuk menyimpan, menonton, dan membagikan video secara publik. YouTube menjadi sarana terbaik dalam berbagi video dari seluruh penjuru dunia, dapat menyajikan video pendek, tutorial, vlog, film pendek, trailer film, musik, edukasi, animasi, hiburan, berita, TV, serta beragam info menarik lainnya.

Kebanyakan dari konten di upload oleh individu, ysng dikenal sebagai konten creator atau youtubers. Semakin berkembangnya konten kreator menjadikan mereka tidak bekerja sendirian, kebanyakan mereka membentuk tim untuk lebih mempercepat proses editing dan reset untuk ide konten yang semakin berkembang.

Pengguna yang tidak terdaftar sebagai konten kreator hanya dapat menonton video-video yang ada pada platform youtube. Sedangkan, untuk para pengguna yang terdaftar dapat mengunggah video yang mereka buat dengan tanpa batas dan bisa menghasilkan uang. Pengguna yang terdaftar juga bisa berlangganan ke channel favorit yang diminati,

Lalu mendapatkan konten yang sesuai minat pengguna dan sesuai dengan video-video yang paling sering ditonton. Pengguna yang memilih paket premium akan dikenakan biaya namun dibebaskan dari iklan-iklan, dan dapat memungkinkan untuk menonton video secara offline dengan mengunduhnya melalui smartphone, serta dapat tetap berjalan di latar belakang.

Selain itu, karena semakin tinggi peminat dan pengguna youTube, maka aturan baru juga diberikan. Secara ketentuan untuk konten yang bersifat ofensif dan pengguna dengan umur dibawah 18 tahun tidak akan memiliki izin untuk menonton video ofensif tersebut. Hal merupakan pencegahan untuk menjaga para remaja dan anak-anak agar tidak sembarangan dalam menonton video serta penyediaan layanan aplikasi YouTube Kids juga disediakan untuk anak-anak yang masih berusia dibawah 13 tahun lebih aman.

By Syaiful